Gadget Reviews

Cara Melacak Ponsel Android yang Hilang atau Lupa Meletakan Ponsel

Cara Melacak Smartphone Android Yang Hilang
Untuk berjaga-jaga jika ponsel atau tablet Android, atau jam tangan Wear OS hilang, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi Temukan Perangkat Saya dapat menemukannya.
Jika perangkat Anda hilang.

Catatan: Android tidak sama di semua perangkat. Petunjuk ini ditujukan untuk perangkat yang menjalankan Android 8.0 dan yang lebih baru. 

Memastikan bahwa perangkat Anda dapat ditemukan

Setelah login ke Akun Google di perangkat Android, aplikasi Temukan Perangkat Saya akan diaktifkan secara default.
Untuk menggunakan aplikasi Temukan Perangkat Saya, perangkat Android yang hilang harus:
  • Dinyalakan.
  • Login ke Akun Google
  • Terhubung ke internet melalui Wi-Fi atau kuota
  • Terlihat di Google Play
  • Mengaktifkan Lokasi
  • Mengaktifkan aplikasi Temukan Perangkat Saya
Langkah 1: Pastikan bahwa aplikasi Temukan Perangkat Saya aktif
Jika Anda menonaktifkan aplikasi Temukan Perangkat Saya:
  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  2. Tap Keamanan & Lokasi. (Jika Anda tidak melihat "Keamanan & Lokasi", tap Google berikutnya Keamanan.)
  3. Tap Temukan Perangkat Saya.
  4. Aktifkan Cari perangkat ini dari jarak jauh dan Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh.
Jika Anda memiliki tablet yang digunakan bersama, hanya pemilik tablet yang dapat mengubah setelan ini.

Langkah 2: Pastikan bahwa fitur Lokasi aktif
  1. Di perangkat, buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  2. Tap Keamanan & Lokasi berikutnya Lokasi. (Jika Anda tidak melihat "Keamanan & Lokasi", tap Lokasi.)
  3. Aktifkan Lokasi.
Langkah 3: Pastikan bahwa visibilitas Google Play aktif
Jika Anda menyembunyikan perangkat di Google Play, perangkat tidak akan ditampilkan di Temukan Perangkat Saya. Untuk menampilkan perangkat:
  1. Buka play.google.com/settings.
  2. Pada bagian "Visibilitas”, pilih perangkat.
Langkah 4: Pastikan Anda dapat menemukan perangkat yang hilang
  1. Buka android.com/find.
  2. Login ke Akun Google Anda.
    Catatan: Jika perangkat memiliki lebih dari 1 profil pengguna, login dengan Akun Google yang ada di profil utama. 
  3. Jika Anda memiliki beberapa perangkat, klik perangkat ini di bagian atas layar.

Pasang aplikasi "Find My Phone"

Agar siap menggunakan ponsel atau tablet Android untuk menemukan perangkat yang hilang, instal klik link ini : aplikasi Temukan Perangkat Saya Aplikasi Temukan Perangkat Saya.

Cara menggunakan fitur Find My Phone (Temukan Perangkat Saya) cukup mudah. Berikut langkahnya.
  1. Pertama-tama akses Google di PC atau laptop Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya di smartphone kerabat Anda atau ponsel kedua Anda.
  2. Ketik find my phone di search bar, maka Google akan langsung menampilkan peta lokasi dari perangkat yang Anda cari.
  3. Selanjutnya Google akan menyertakan daftar perangkat Android mana saja yang Anda ingin cari di pojok kanan atas.
  4. Lalu pilih perangkat apa yang sedang Anda cari.
  5. Setelah Anda memilih perangkat mana yang ingin dilacak, Google akan menampilkan peta lokasi dari perangkat terkait. Kemudian Google akan menampilkan sebuah notifikasi di layar smartphone, yang menyebutkan bahwa fitur Android Device Manager telah melacak lokasi dari ponsel Anda.
  6. Apabila Anda masih kesulitan mencarinya, Google juga menyertakan opsi untuk melakukan nada panggil pada telepon. Nada dering yang Anda pilih berbunyi cukup keras walaupun suara nada dering smartphone Anda sangat kecil.
Dapatkan berita "Tekno dan Gadget Terbaru" gratis melalui inbox email, caranya Subscribe email kamu dibawah ini!

No comments:

Post a Comment